Thursday, October 24, 2013

Kebudayaan yang Hilang dari Masyarakat Indonesia

1

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Kebudayaan di zaman modern seperti ini sedikit banyaknya sudah banyak dilupakan, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi yang terus menerus berkembang sangat pesat. Tidak heran kalau bisa kita lihat di lingkungan sekitar kita teknologi sudah merajai sebagian besar pola hidup masyarakat.
Modernisasi yang terjadi mengakibatkan orang orang terlebih orang Indonesia melupakan khasanah budaya aslinya karena terus menerus terhanyut dalam perkembangan teknologi, akibat dari melupakan beberapa nilai nilai dan contoh dari suatu kebudayaan serta sedikit dari masyarakat yang mencoba untuk melestarikannya, lama kelamaan kebudayaan itu akan menghilang dengan sendirinya.

Indonesia adalah negara yang indah yang kaya akan kekayaan alam dan budaya. Lebih dari 20 suku terdapat di Indonesia dan lebih dari 100 budaya ada di Indonesia. Tetapi sayangnya, dari tahun ke tahun seiring dengan bertumbuhnya perkembangan gaya hidup dan teknologi, kebudayaan asli indonesia terlihat sangat ketinggalan zaman. Banyak dari warga indonesia yang kurang peduli bahkan ada yang tidak peduli tentang budaya Indonesia

Contoh Kebudayaan yang Terlupakan dan Pada akhirnya direnggut oleh bangsa lain
No.       Kesenian dan Budaya      Asal                       Direbut Oleh
1.         Batik                              Jawa                      Adidas
2.         Naskah Kuno                 Riau                       Malaysia
3.         Naskah Kuno             Sumatra Barat            Malaysia
4.         Naskah Kuno             Sulawesi Selatan         Malaysia
5.         Naskah Kuno             Sulawesi Tenggara      Malaysia
6.         Rendang                     Sumatra Barat            WN Malaysia
7.         Sambal Bajak              Jawa Tengah             WN Belanda
8.         Sambal Petis                Riau                          WN Belanda
9.         Sambal Nanas              Riau                         WN Belanda
10.       Tempe                          Jawa                         Perusahaan Asing
11.       Lagu Rasa Sayang Sayange     Maluku            Malaysia
12.       Tari Reog Ponorogo      Jawa Timur                Malaysia
13.       Tari Soleram                   Riau                       Malaysia
14.       Lagu Injit – Injit Semut            Jambi   Malaysia
15.       Alat Musik Gamelan   Jawa    Malaysia

Dari berbagai contoh yang diperlihatkan, banyak sekali budaya yang terlupakan sehingga berujung sia sia, alangkah lebih baiknya jika kita melestarikan ciri khas budaya kita, padahal apabila kita bisa melestarikan budaya budaya tersebut, banyak nilai positif yang bisa kita ambil dari kebudayaan kebudayaan tersebut.

1 comment:

  1. nice infonya, saya senang dengan semacam kebudayaan lama yang terkadang tidak tertulis di naskah yang umum kita ketahui.

    Untuk para blogger jangan lupa mampir ya: alyappc.com

    ReplyDelete

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut