Wednesday, March 16, 2016

#PeTGame Sejarah Dibalik Game Konvensional dan Modern

0

Permainan atau Game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama (kelompok).
Disini saya akan menjelaskan sejarah dari game/permainan dari masa ke masa. mari kita mulai !!!




Tahun 1951




Awal Sejarah Game Sebelum munculnya Game/Permainan komputer, perkembangan teknologi dunia dikejutkan dengan munculnya televisi interaktif oleh Ralph Baer ketika ia bekerja di Loral Electronics di Bronx, New York, 1951. Tidak ada Game/Permainan komputer yang bisa dibuat saat itu karena desain televisi tersebut ditolak. Namun ia tetap melanjutkan penemuannya itu sampai 15 tahun kemudian. Tahun 1952, permainan OXO2, sebuahversi grafik dari bulat dan silang (tic-tac-toe), dikembangkan oleh seorang mahasiswa Universitas Cambridge bernama A.S.Gouglas ketika ia hendak mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi antara manusia dengan komputer. 


Tahun 1960-an


Tahun 1960an Pada tahun 1961, Steve Russell dan kawan-kawan memprogram Game/Permainan komputer ini juga dipresentasikan di MIT saat Science Open House tahun 1962. Sementara itu salah satu pengembang dari Multics, Ken Thompson meneruskan pengembangan sistem operasi setelah AT&T berhenti mendanainya. Pekerjaannya terfokus pada sistem operasi untuk GE-645 mainframe. Dia juga akhirnya dapat memainkan permainan komputer buatannya sendiri berjudul “Space Travel”. 


Tahun 1970 - 1976


Tahun 1970 Dekade ini dibuka dengan kehadiran Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat versi coin-operated arcade dari “Spacewar” dan mesin itu dinamainya Space Computer. Nutting Associates membeli Game/Permainankomputer tersebut dan menggaji Bushnell serta memproduksi 1.500 mesin Computer Space. Pada tahun yang sama, muncul home console pertama dengan nama Magnavox Odyssey. Console ini dibuat dengan mengunakan dasar komponen yang dibuat Ralph Baer dulu dan dilisensi dari karyawannya. Console dapat dimainkan di televisi standar rumahan. Namun console ini sama sekali tidak sukses dalam penjualannya, meskipun banyak perusahaan membayar lisensinya untuk beberapa lama (termasuk Atari).


Tahun 1977



Pada tahun 1977 Atarai mengeluarkan home console pertama, Atari 2600, dengan menggunakan catridge yang banyak dikenal sebagi media menyimpan Game/Permainan komputer sampai era tahun 2000. Sembilan Game/Permainan komputer didesain dan dilempar ke pasaran untuk musim liburan. Industri arcade mencapai jaman keemasan tahun 1978 dengan dirilisnya Space Invaders oleh Taito.

Era 8-Bit (1975-1989) Masa ini merupakan generasi kedua home video game. Program tidak lagi dikeraskan dalam chip, namun sudah diisikan kedalam memory dalam tempat penyimpanan dan dimainkan atau dijalankan dengan bantuan microprocessor pada umumnya. Sehingga penyimpanan permainan komputer semakin ringkas dan aman. Konsumen dapat membeli satu catridge untuk beberapa permainan komputer ringan.



Game Konvensional & Game Modern
·         Game konvensional yang biasa di sebut game tradisional, Indonesia sendiri kita ketahui bahwa Negara dengan berbagai macam budaya, kultur dan agama. membawa akan banyaknya variasi yang ada di Negara ini, dalam konteks Game / Permainan sangat membawa cirikhas yang ada di setiap budaya dan kultur yang ada di daerahnya. Begitu kental rasa solidaritas dan kekompakkan yang dibutuhkan untuk memainkan Game / Permainan tradisional ini.
·         Pada tahun 2009, dimana pada tahun ini game dengan berbagai macam dan teknologi memulai langkah awal untuk merambah pasar game yang ada, lambat laun mulai bermunculan game game yang mengusung teknologi canggih yang ada di jamannya.




Referensi :

0 comments:

Post a Comment

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut